
(Purwodadi),
Bupati Grobogan Sri Sumarni, SH, MM memberikan sambutan sekaligus
pengarahan dalam kegiatan rapat koordinasi pelayanan administrasi kependudukan
di desa/kelurahan yang berlangsung di Aula Dinas Kependudukan dan Pencatatan
Sipil Kabupaten Grobogan. (Kamis, 22 Juni 2023).
Rakor yang bertajuk Optimalisasi
Pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa/Kelurahan Melalui POS PAKDE (Pos
Pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa/Kelurahan) dan BERAMAL (Berikan
Akta Kematian dan Akta Kelahiran) tersebut dihadiri oleh Asisten I
Sekda, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan HAM, Kepala Dispermades,
Kepala Diskominfo, Kepala Tata Pemerintahan, Camat, Rektor Institut Teknologi
dan Bisnis Muhammadiyah Grobogan, Ketua Paguyuban Demang Manunggal Kabupaten dan Kecamatan, dan perwakilan
kepala desa.
Dalam pengarahannya Ibu Bupati sangat mengapresiasi adanya inovasi yang
dilakukan Dispendukcapil berupa POS PAKDE dan BERAMAL. Lebih lanjut beliau
menekankan kepala seluruh kepala desa/lurah se-Kabupaten Grobogan untuk segera
membuka layanan POS PAKDE dan BERAMAL di desanya. Ibu Bupati pada kesempatan
tersebut juga mengingatkan bahwa sebagai aparat pemerintahan, kita harus
memberikan pelayanan terbaik termasuk adminstrasi kependudukan dan pelayanan
harus Gratis kepada masyarakat. Jangan sampai ada oknum-oknum yang memungut
biaya kepada masyarakat.
Sementara itu Moh. Soleh, SKM,
M.Kes, narasumber dari Dinas Perberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Kabupaten Grobogan
memberikan materi dan tips-tips terkait penyusunan APBDes, khususnya bagi
desa-desa yang akan membuka layanan POS PAKDE. Sampai saat ini di Kabupaten
Grobogan, telah ada sebanyak 178 desa dan 5 kelurahan yang telah membuka layanan POS PAKDE . (G7i)







