Renstra Dispendukcapil Kabupaten Grobogan tahun 2011 - 2016

Tujuan dan sasaran yang ingin dicapai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan untuk kurun waktu 5 (lima) tahun 2011-2016 adalah sebagai berikut:

Tujuan

  1. Meningkatkan jasa pelayanan administrasi kependudukan yang sederhana, cepat, tepat, mudah, dan transparan;
  2. Meningkatkan sumber daya manusia aparatur yang mumpuni dalam melaksanakan administrasi kependudukan;
  3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana yang mendukung kinerja pegawai/aparatur yang menyelenggarakan administrasi kependudukan;
  4. Meningkatkan kesadaran penduduk akan pentingnya tertib administrasi kependudukan;
  5. Mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam Pelaksanaan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK);
  6. Mendekatkan Pelayanan Penerbitan Dokumen Kependudukan kepada masyarakat;
  7. Meningkatkan Pengelolaan Administrasi Perkantoran;
  8. Meningkatkan Disiplin Aparatur; dan
  9. Meningkatkan Kualitas Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan.

Sasaran

  1. Tersedianya sistem pelayanan dan jasa administrasi Kependudukan secara Sederhana, Tepat waktu, Mudah, dan Transparan;
  2. Terwujudnya sumber daya manusia/ aparatur yang berkualitas dibidang kependudukan dan pencatatan sipil;
  3. Meningkatnya kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana yang mendukung kinerja pegawai/aparatur yang menyelenggarakan administrasi kependudukan;
  4. Meningkatnya pengetahuan masyarakat tentang administrasi kependudukan;
  5. Terciptanya tertib dokumen administrasi kependudukan melalui kegiatan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil;
  6. Optimalnya penggunaan teknologi dalam pelaksanaan sistem Informasi Administrasi kependudukan (SIAK);
  7. Mendekatnya pelayanan penerbitan dokumen kependudukan kepada masyarakat; dan
  8. Terlaksananya Pengelolaan Administrasi Kesekretariatan.

Strategi

  1. Menginventarisasi produk hukum yang sesuai dengan tupoksi, sebagai kerangka hukum dalam pelaksanaan tugas;
  2. Menyusun Penetapan Kinerja Dinas yang merumuskan kebijakan teknis dalam pelaksanaan tugas;
  3. Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai aparat pelaksana administrasi kependudukan.
  4. Menyediaakan fasilitas sarana dan prasarana pendukung kerja yang memadai; dan
  5. Penyusunan laporan berdasarkan capaian realisasi kegiatan.

Kebijakan

1.  Kebijakan Internal

  • Penyusunan Program Kerja, sesuai tujuan yang diharapkan, dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan/hambatan;
  • Pembagian tugas sesuai tupoksi dari Sekretariat dan Bidang-bidang untuk mendukung tugas Dinas dengan koordinasi yang baik;
  • Peningkatan Sumber Daya Manusia ( SDM ) melalui Diklat dan Bintek yang mendukung tertib administrasi kependudukan.

2.  Kebijakan Eksternal

  • Memberikan sosialisasi kepada masyarakat arti pentingnya KK, KTP dan Akta Capil sebagai Dokumen Kependudukan;
  • Memberikan bimbingan kepada operator TPDK untuk dapat melaksanakan pelayanan dengan standar minimal yang telah ditentukan;
  • Pendayagunaan tertib administrasi penduduk untuk pelayanan publik dan kepentingan pembangunan sektor lain.