logo saberDinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan sangat mendukung program dan upaya serius pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam memberantas pungutan liar (pungli) terutama dalam pelayanan kepada masyarakat. Apalagi telah diterbitkannya Peraturan Presiden RI No 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar.

Dalam upaya mendukung Satgas Saber Pungli, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Grobogan menginformasikan bahwa semua layanan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil tidak dikenakan biaya alias GRATIS kecuali adanya denda keterlambatan pelaporan sebesar Rp. 15.000, - sesuai Perda No. 6 Tahun 2014.

Dispendukcapil Grobogan menghimbau kepada masyarakat Grobogan apabila dalam pengurusan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil dikenakan biaya/pungutan yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku oleh oknum pegawai Dispendukcapil dapat melaporkan melalui media-media dibawah ini :

  • Website: saberpungli.id
  • Sms: 1193
  • Call Center: 193/ 0821 1213 1323
  • Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Laporan Masyarakat disertai dengan nama pelaku/pegawai dan lokasi kejadian (Identitas Pelapor akan dirahasiakan)
  • Ataupun lewat layanan twitter sebagai berikut :

@SumarniGrobogan, @ganjarpranowo

Dispendukcapil Grobogan juga menganjurkan kepada masyarakat yang membutuhkan layanan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil, untuk dapat mengurus sendiri tanpa perantara, agar masyarakat mengetahui sendiri bahwa mengurus semua dokumen kependudukan adalah mudah dan Gratis selama sesuai prosedurnya. Dispendukcapil berkomitmen akan menindaktegas oknum yang melakukan pungli sebagaimana yang diutarakan Presiden Joko Widodo beberapa waktu yang lalu.

Dispendukcapil hanya melakukan pendaftaran/pelayanan di bagian pendaftaran dikantor Dispendukcapil dan tidak melakukan pendaftaran/pelayanan di area parkir, di pinggir jalan, dibawah pohon, di warung, di kantin dan sebagainya, serta Dispendukcapil belum melakukan pendaftaran/pelayanan jemput bola, kecuali untuk perekaman e KTP itupun dengan pemberitahuan/jadwal sebelumnya.