Salah satu kewajiban dari unit penyelenggaran pelayanan public adalah untuk melakukan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan telah berkomitmen melaksanakan Survei Kepuasan Masyarakat minimal setahun sekali

Survai dilakukan dengan maksud untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kependudukan dan catatan sipil serta sebagai bahan bagi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Grobogan dalam menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayan kependudukan dan catatan sipil di masa yang akan datang.

Untuk Survei Kepuasan Masyarakat Tahun 2016 ini di berlangsung dari Januari sampai dengan Mei 2016 dengan responden 600 orang yang terbagi menjadi 4 Jenis pelayanan yaitu Pelayanan Kartu Keluarga, KTP elektronik , Akta Kelahiran dan Mutasi/Pindah datang.
Adapun hasil SKM 2016 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Grobogan sebagai berikut :

No Unit Pelayanan SKM 2016
1. Pelayanan Kartu Keluarga 75,93
2. Pelayanan KTP elektronik 73,53
3. Pelayanan Akta Kelahiran 81,00
4. Pelayanan Mutasi/Pindah Penduduk 82,32
Rata-rata SKM 2016 78,2
 

Dengan nilai sebesar 78,20 dengan mutu pelayanan “B”, sehingga dengan demikian pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Grobogan dikatakan “Baik”. Dari nilai tersebut dibagi dalam 2 katagori yaitu Kinerja Pelayanan Sangat Baik dan Kinerja Pelayanan Baik. Unsur pelayanan yang dirasakan puas dan memperoleh nilai sangat baik yaitu sudah adanya kepastian biaya dalam pelayanan.


Pendapat masyarakat tentang unsur pelayanan yang masih dirasakan sangat kurang yaitu unsur Kelengkapan Sarana terutama kelengkapan dan kenyamanan yang terdapat diruang pelayanan terutama diruang tunggu. Satu unsur yang juga dirasa kurang yaitu unsur Kecepatan Pelayanan. Untuk itu perlu mendapat perhatian untuk perbaikan dimasa yang akan datang. (G7i)