pelayanan pemilu 2019

 

Purwodadi, Rabu 17 April 2019, bertepatan dengan Pemilihan Umum Presiden dan Legislatif serentak Tahun 2019, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat. Meski Pemilu 2019 telah ditetapkan sebagai hari libur nasional, tetapi sesuai Surat edaran dari Dirjen dukcapil Kementerian Dalam Negeri No 471.13/2518/dukcapil tanggal 28 Maret 2019 yang memerintahkan Dispendukcapil Kabupaten/Kota agar tetap memberikan pelayanan dan dukungan kepada KPU untuk pengecekan data calon pemilih yang diperlukan.

Disamping itu Dispendukcapil Kabupaten Grobogan juga memberikan layanan khusus rekam dan cetak KTP el bagi warga mengajukan permohonan kemarin. Dari hasil rekap pelayanan yang dibuka mulai jam 08.00 - 13.00 WIB tersebut diperoleh 2 orang rekam dan 35 keping pencetakan KTP elektronik. Pelayanan khusus Pemilu kemarin juga mendapat kunjung dan ditinjau dari Provinsi Jawa Tengah yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Dispermadesdukcapil Bapak Ir. Agus Suranta, M.Si. (G7i)

layanan libur

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan pada hari Sabtu tanggal 6 dan 7 serta hari Minggu tanggal 13 dan 14 April 2019 yang lalu tetap buka untuk memberikan pelayananan adminduk kepada masyarakat. Hal ini sesuai Surat edaran dari Dirjen dukcapil Kementerian Dalam Negeri No 471.13/2518/dukcapil tanggal 28 Maret 2019 yang memerintahkan Dispendukcapil Kabupaten/Kota untuk memberikan pelayanan pada hari Sabtu-Minggu khususnya dalam memberikan dukungan dan percepatan bagi warga yang belum melakukan rekam KTP el.


Dispendukcapil Grobogan direncanakan juga pada hari H pemilu tepatnya Rabu 17 April 2019 yang akan datang tetap akan memberikan pelayanan terutama rekam dan pencetakan KTP el. Layanan ini untuk memberikan kesempatan kepada warga yang belum mempunyai KTP dan tidak masuk dalam DPT, melainkan masih bisa masuk dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK) yang hanya bisa memberikan hak suara pada siang hari pada jam 12.00-13.00 wib. Disamping itu juga akan diberikan layanan pengecekan NIK KTP terutama bagi KPU dan Bawaslu. Untuk jam pelayanan pada hari Rabu 17 April 2019 tersebut akan dimulai dari jam 08.00-13.00 WIB. (G7i)

keliling1

Mengawali bulan April 2019, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan melakukan perekaman jemput bola KTP el di desa-desa yang ada di Grobogan. Program kegiatan jemput bola ini disamping untuk penuntasan perekaman bagi wajib KTP juga dalam rangka ikut menyukseskan Pelpres dan Pileg 2019, seperti diketahui salah satu syarat bisa menyalurkan hak suaranya adalah telah memiliki KTP elektronik.


Saat ditemui diruang kerjanya, Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dra, Sulistyaningsih, MM menyatakan bahwa kegiatan jemput bola perekaman KTP kali ini, Dispendukcapil mengambil 2 desa dimasing-masing kecamatan dari 19 kecamatan yang ada di Kabupaten Grobogan. Kabid PPP juga menambahkan sasaran dari perekaman keliling adalah semua warga wajib KTP yang belum rekam, jadi disamping warga umum, juga para wajib KTP para lansia dan warga berkebutuhan khusus/disabilitas.

keliling2

Perekaman keliling telah dimulai dari tanggal 1 April dan akan berlangsung sampai awal Mei sesuai dengan Jadwal yang telah disusun. Disetiap perekamannya Dispendukcapil menerjukan 2 Tim Perkasa ( Perekaman Antar Desa ) dengan 3-4 personil disetiap desanya. Sampai dengan hari ini desa yang telah dilakukan perekaman sebanyak 14 desa (Sidorejo, Tuko, Kemadohbatur, Plosorejo, Putatsari, Lebak, Tirem, Menduran, Jambangan, Suru, Dimoro, Genengadal, Lajer dan Sedadi). Untuk setiap perekaman dipusat dimasing-masing balai desa, sementara untuk kaum lansia dan disabiltias yang tidak mamapu datang sendiri , tim Perkasa akan mendatangi rumah yang bersangkutan. (door to door). G7i