
(Purwodadi), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan
menyelenggarakan Kegiatan Pembinaan dan Pengawasan Pengelolaan Informasi
Administrasi Kependudukan.
Mengusung tema "Optimalisasi Layanan Pos Pakde dan Beramal",
acara ini diselenggarakan di Aula Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Kabupaten Grobogan selama 2 (dua) hari yaitu hari Rabu dan Kamis, 2 - 3 Agustus
2023. Adapun peserta yang hadir adalah Kasi Pelayanan Umum Kecamatan dan
Petugas Registrasi Desa se- Kabupaten Grobogan.
Dalam sambutannya, Kepala Dispendukcapil Kabupaten Grobogan, Achmad
Basuki Mulyono, S.Sos, MM menyampaikan terimakasih atas partisipasi dan
keaktifan para Petugas Registrasi Desa dalam memberikan pelayanan administrasi
kependudukan kepada masyarakat. Layanan kependudukan juga harus gratis, dan
informasi ini harus disebarluaskan kepada masyarakat, sehingga tidak ada lagi
masyarakat yang tertipu oleh calo layanan kependudukan.
Hadir sebagai narasumber adalah Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil yang
menyampaikan materi standar minimal dalam pelayanan adminduk di Desa, Kabid
Pelayanan Pendaftaran Penduduk yang fokus pada persiapan menjelang pemilu dan
pilkada, serta Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dengan
materi layanan administrasi kependudukan melalui aplikasi Identitas
Kependudukan Digital (IKD).
Melalui kegiatan ini, diharapkan Petugas Registrasi Desa dapat menjadi
garda terdepan dalam memberikan layanan adminduk di Desa yang mudah dan gratis.
Masyarakat tidak perlu lagi datang jauh ke Dinas sehingga lebih hemat waktu dan
lebih efisien dalam segi biaya. Dengan berbagai opsi kemudahan yang ditawarkan
kepada masyarakat, akan mendorong masyarakat dalam melengkapi dan mengupdate
dokumen kependudukannya, maka masyarakat Grobogan tertib adminduk dapat
terwujud.







