Optimalisasi Pelayanan Adminduk Desa
Gunawan | 26 Maret 2025 | Dibaca 198 kali | DISPENDUKCAPIL

Kepala Dispendukcapil Achmad Basuki Mulyono, S.Sos, MM, saat memberi pengarahan dalam kegiatan Optimalisasi Pelayanan Adminduk di Kantor Desa/Kelurahan yang berlangsung di Pendopo Kab. Grobogan

(Purwodadi), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan menyelenggarakan kegiatan sosialisasi yang bertajuk Optimalisasi Pelayanan Adminduk di Kantor Desa/Kelurahan yang berlangsung di Pendopo Kabupaten Grobogan, Kamis, 20/03/2025 yang lalu.

Kegiatan tersebut selain untuk mendukung program Mbangun Deso Noto Kutho dari Bupati-Wakil Bupati Periode 2025-2030, juga untuk meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Grobogan.

Acara tersebut diikuti oleh para camat se-Kabupaten Grobogan dan 140 desa yang menghadirkan kepala desa dan Petugas Registrasi Desa (PRD).

Dalam sambutannya, Kepala Dispendukcapil Achmad Basuki Mulyono, S.Sos, MM, menekankan bagi kepala desa yang belum memiliki Pos Pakde di desanya untuk segera membuka layanan administrasi kependudukan melalui Pos Pakde (Pos Pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa/Kelurahan) dan bagi desa yang telah memiliki Pos Pakde untuk lebih mengoptimalkan layanan adminduk dengan memanfaatkan Pos Pakde.

Seperti di ketahui Pos Pakde telah dirintis oleh Dispendukcapil sejak tahun 2021, dan tujuan dari Pos Pakde sesuai Peraturan Bupati Grobogan No. 17 Tahun 2021, tentang Pedoman Penyelenggaran  Administrasi Kependudukan di Desa/ Kelurahan yaitu untuk meningkatkan kualitas pelayanan adminduk, mendekatkan pelayanan adminduk kepada masyarakat dan mencegah pungli atau praktek percaloan.Saat ini, Kabupaten Grobogan telah terdapat 140 desa yang aktif melayani masyarakat melalui Pos Pakde. (G7i)


BAGIKAN :