Struktur organisasi - Tupoksi Bidang Pengelolaan Sistem Informasi Kependudukan PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Friday, 30 July 2010 03:03
Article Index
Struktur organisasi
Tupoksi Kepala Dinas
Tupoksi Sekretaris
Tupoksi Bidang Pendaftaran Penduduk
Tupoksi Bidang Pengelolaan Sistem Informasi Kependudukan
Tupoksi Bidang Pencatatan Sipil
All Pages

Kepala Bidang Pengelolaan Sistem Informasi Kependudukan

mempunyai tugas pokok menyusun kebijakan dan petunjuk teknis bidang pengelolaan sistem informasi kependudukan serta melaksanakan kegiatan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi bagi terselenggaranya Sistem Informasi Administrasi Kependudukan ( SIAK ) on line / off line.

Bidang Pengelolaan Sistem Informasi Kependudukan mempunyai fungsi :

  1. Penanggungjawab pelaksanaan kegiatan di Bidang Pengelolaan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan ( SIAK ).
  2. Perumusan kebijakan teknis di bidang Pengelolaan dan Pembinaan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan ( SIAK ).
  3. Penyusunan program kerja bidang pengelolaan sistem informasi kependudukan
  4. Pelaksanaan dan pembinaan teknis di bidang Sistem Informasi Administrasi Kependudukan ( SIAK )
  5. Pengawasan dan pengendalian teknis di bidang Sistem Informasi Administrasi Kependudukan ( SIAK ).
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Uraian Tugas Jabatan Kepala Bidang Pengelolaan Sistem Informasi Kependudukan sebagaimana dimaksud ayat 1 terdiri dari :

  1. Menyusun progam kerja dan rencana kegiatan di Bidang Pengelolaan Sistem Informasi Kependudukan dengan berpedoman pada landasan kerja guna memberikan pelayanan kepada masyarakat.
  2. Merumuskan kebijakan teknis di bidang Pengelolaan Sistem Informasi Kependudukan.
  3. Melaksanakan pendayagunaan teknologi informasi dan teknologi komunikasi bagi terselenggaranya SIAK on line/oof line untuk meningkatkan mutu pelayanan kependudukan.
  4. Melaksanakan penatausahaan sistem informasi data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.
  5. Memfasilitasi sistem Administrasi Kependudukan dengan sistem saling terkait dan terpadu antara pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil dengan aplikasi Relational Data Base Management Sistem (RDMS).
  6. Menggunakan Nomor Induk Kependudukan ( NIK ) sebagai nomor identitas tunggal terpadu bagi penduduk WNI dan WNA.
  7. Mendayagunakan kode wilayah administrasi pemerintahan yang sifatnya terstruktur dan unique   ( tersistem ) diseluruh Indonesia sebagai rujukan utama dalam penerbitan NIK penduduk.
  8. Menyelenggarakan pengelolaan sistem informasi kependudukan dan melaksanakan administrasi pengolahan sistem informasi data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.
  9. Menerbitkan dokumen penduduk, perekaman data, pengolahan dan penyajian informasi dalam bentuk statistik kependudukan, statistik vital, laporan manajemen di bidang kependudukan untuk digunakan sebagai bahan perencanaan Pemerintahan, dan Pembangunan serta peningkatan mutu pelayanan kepada masyarakat.
  10. Melaksanakan pemutakhiran data penduduk hasil P.4B yang dilakukan terus menerus ( berkelanjutan ) dengan pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil sehari – hari.
  11. Menjabarkan perintah atasan dengan memahami dan mengurai agar pelaksanaan tugas sesuai kebijakan dan terarah.
  12. Mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai bidang tugasnya untuk memperlancar pelaksanaan kegiatan.
  13. Memberikan petunjuk kepada bawahan untuk sinkronisasi pelaksanaan tugas.
  14. Melaksanakan kegiatan sosialisasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan ( SIAK) kepada Dinas/Instansi terkait dan kepada kecamatan, Desa/ Kelurahan.
  15. Melaksanakan koordinasi dilingkungan kerjanya maupun dengan dinas/instansi terkait agar diperoleh keterpaduan kerja dan menghindari tumpang tindih.
  16. Memeriksa pelaksanaan tugas bawahan agar diketahui tingkat efektifitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan.
  17. Melaksanakan pembinaan dan pengawasan pelaksanaan tugas dengan pendelegasian dan pembagian tugas untuk memudahkan pelaksanaan tugas.
  18. Melaporkan pelaksanaan tugas sebagai bahan penentuan kebijakan dan pertanggungjawaban kinerja aparatur.
  19. Memberikan penilaian kepada bawahan dengan DP.3 untuk mengetahui prestasi dan dedikasi bawahan.
  20. Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan dan pertimbangan atasan dalam mengambil keputusan.
  21. Melaksanakan pengawasan, pemeliharaan peralatan sistem pengolahan ( komputer dan      jaringannya ) untuk kelangsungan pelaksanaan tugas.
  22. Mengkoordinasikan staf untuk dikirim/mengikuti diklat struktural, teknis fungsional guna peningkatan SDM yang dibutuhkan Dinas.
  23. Melaksanakan penyimpanan data sistem pengolahan dan informasi kependudukan.
  24. Menyiapkan bahan penyusunan Rencana Strategis ( Renstra ) dan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah  ( Lakip ) sebagai pertanggungjawaban kinerja Dinas.
  25. Menyusun telaah staf berkaitan dengan tugasnya.
  26. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bidang Pengelolaan Sistem Informasi Kependudukan sebagaimana dimaksud Pasal 10 Peraturan Bupati ini, terdiri dari  :

  1. Seksi Sarana dan Prasarana;
  2. Seksi Program dan Jaringan Komunikasi Data; dan
  3. Seksi Data dan Pelaporan.

 

Kepala Seksi Sarana dan Prasarana

mempunyai tugas pokok melaksanakan perencanaan pengadaan, pembinaan, pengembangan sarana dan prasarana pengelolaan sistem informasi kependudukan.

Uraian Tugas Jabatan Kepala Seksi Sarana dan Prasarana, terdiri dari :

  1. Menyusun rencana pengadaan, pengelolaan sarana dan prasarana berdasarkan progam kerja bidang serta hasil evaluasi kegiatan tahun lalu sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan.
  2. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan di bidang sarana dan prasarana bidang.
  3. Melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait sesuai bidang tugasnya untuk pengadaan peralatan komputer.
  4. Menjabarkan perintah atasan dengan mempelajari perintah tertulis maupun lisan untuk mempermudah staf dalam melaksanakan tugas/ kegiatan.
  5. Mendistribusikan tugas kepada staf sesuai bidang tugasnya agar berjalan dengan tertib dan lancar.
  6. Memberikan petunjuk kepada staf untuk sinkronisasi pelaksanaan tugas.
  7. Menyusun kebutuhan komputer ( PC ), printer, UPS dan sparepart untuk perbaikan peralatan yang tidak berfungsi dengan baik.
  8. Menyusun usulan penghapusan peralatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  9. Mengevaluasi hasil pelaksanaan tugas seksi sarana dan prasarana dan mempersiapkan kebutuhan peralatan yang akan datang.
  10. Melaksanakan inventarisasi permasalahan dengan mengumpulkan bahan dalam rangka pemecahan masalah.
  11. Memberikan penilaian kepada staf melalui DP.3 untuk mengetahui prestasi dan dedikasi staf.
  12. Memberikan masukan kepada atasan sebagai bahan pertimbangan atasan dalam mengambil keputusan.
  13. Melaporkan pelaksanaan tugas kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas.
  14. Menyusun telaah staf berkaitan dengan tugasnya.
  15. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Sistem Informasi Kependudukan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Kepala Seksi Program dan Jaringan Komunikasi Data

mempunyai tugas pokok menyusun program kerja, menyiapkan bahan kebijakan teknis dan melaksanakan kegiatan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan  ( SIAK ) menggunakan teknologi informasi/komunikasi serta melaksanakan pengolahan Sistem Informasi Kependudukan dengan jaringan komunikasi data dengan menggunakan perangkat keras dan lunak.

Uraian Tugas Jabatan Kepala Seksi Program dan Jaringan Komunikasi Data terdiri dari :

  1. Menyusun program kerja dan rencana kegiatan operasional yang meliputi pengelolaan perangkat keras, perangkat lunak dan jarkom data dengan memperhatikan aturan dan sasaran yang telah ditentukan sebagai acuan pelaksanaan tugas.
  2. Menyiapkan bahan kebijakan teknis kegiatan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan ( SIAK ) sesuai tugas Seksi Program dan Jaringan Komunikasi Data dengan teknologi informasi/komunikasi.
  3. Melaksanakan pengolahan Sistem Informasi Kependudukan dengan jaringan komunikasi data dengan menggunakan perangkat keras dan lunak.
  4. Menjabarkan perintah atasan dengan mempelajari perintah tertulis maupun lisan untuk mempermudah staf dalam melaksanakan tugas/kegiatan.
  5. Mendistribusikan tugas kepada staf sesuai bidang tugasnya agar dapat berjalan dengan tertib dan lancar.
  6. Memberikan petunjuk kepada staf untuk sinkronisasi pelaksanaan tugas.
  7. Memeriksa pelaksanaan tugas staf untuk diketahui tingkat efetivitas dan efisiensi pelaksanaan tugas.
  8. Melaksanakan koordinasi dan sinkronisasi dengan unit kerja lain untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
  9. Menyiapkan pengadaan program dan jaringan komunikasi data untuk operasionalisasi SIAK on line/off line.
  10. Menyiapkan dan melaksanakan pembinaan personil, baik petugas pendaftaran maupun operator perangkat keras dan perangkat lunak untuk mendukung program SIAK on line/off line.
  11. Melaksanakan kegiatan perawatan perangat keras, perangkat lunak                                ( program ) dan jaringan komunikasi data agar senantiasa dapat digunakan untuk mendukung program SIAK on line/off line.
  12. Melaksanakan sistem yang saling terkait dan terpadu antara pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil dengan aplikasi Relational Data Base Management Sistem                ( RMDS ).
  13. Mengaplikasikan Nomor Induk Kependudukan ( NIK ) sebagai nomor identitas tunggal terpadu penduduk WNI dan WNA.
  14. Mendayagunakan kode wilayah administrasi pemerintahan yang sifatnya terstruktur dan unique ( tersistem ) sebagai rujukan utama dalam penerbitan NIK penduduk.
  15. Melayani penerbitan dokumen penduduk, perekaman data, pengolahan dan penyajian informasi dalam bentuk statistik kependudukan, statistik vital, dan laporan management di bidang kependudukan.
  16. Melaksanakan kegiatan pemutakhiran data base penduduk hasil P.4B yang dimutakhirkan secara terus menerus ( berkelanjutan ) dengan pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil sehari – hari.
  17. Mengkonsultasikan dan meminta petunjuk kepada atasan untuk penyempurnaan dan kelancaran kerja.
  18. Melaksanakan inventarisasi permasalahan dengan mengumpulkan bahan dalam rangka pemecahan permasalahan.
  19. Memberikan penilaian dengan DP. 3 kepada staf untuk mengetahui prestasi dan dedikasi staf.
  20. Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai bahan masukan dan pertimbangan atasan dalam mengambil keputusan maupun kebijakan.
  21. Menyiapkan staf untuk dikirim/mengikuti diklat struktural, teknis fungsional guna peningkatan SDM yang dibutuhkan Dinas.
  22. Menyusun telaah staf berkaitan dengan tugasnya.
  23. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pengelolaan sistem Informasi Kependudukan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Kepala Seksi Data dan Pelaporan

mempunyai tugas pokok menyusun program kerja, menyiapkan bahan kebijakan dan melaksanakan pengolahan data dan pelaporan data WNI dan WNA yang berbasis pada Sistem Administrasi Kependudukan ( SAK ) dan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan( SIAK ) untuk disajikan kepada pimpinan untuk bahan pengambilan kebijakan.

Uraian Tugas Jabatan Kepala Seksi Data dan Pelaporan, terdiri dari :

  1. Menyusun program kerja dan rencana kegiatan di bidang pengolahan data dan laporan yang dimulai dari penerimaan data, pengolahan dan analisis data serta penyampaian laporan data, baik data yang bersifat individual maupun agregat yang digunakan baik oleh individu, lembaga/dinas maupun pihak swasta yang memerlukan.
  2. Menyiapkan bahan kebijakan dan melaksanakan pengolahan data dan pelaporan data WNI dan WNA yang berbasis kepada Sistem Administrasi Kependudukan ( SAK ) dan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan( SIAK ) untuk disajikan kepada pimpinan untuk kebijakan.
  3. Melaksanakan pengolahan, editing data kependudukan sesuai tugas Seksi Data dan Pelaporan.
  4. Menerbitkan dan menyajikan data statistik kependudukan baik individu maupun agregat yang didukung oleh Sistem Informasi Administrasi Kependudukan ( SIAK ).
  5. Melayani permintaan data yang diminta oleh atasan, individu, lembaga/dinas maupun instansi swasta sebatas data yang diperbolehkan oleh aturan perundang-undangan yang berlaku.
  6. Menjamin kerahasiaan data individu kecuali atas permintaan lembaga peradilan yang berwenang.
  7. Melaksanakan koordinasi dengan Seksi lain di lingkungan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil guna mendapatkan sajian data pelaksanaan tugas secara riil dan terpadu.
  8. Menerbitkan data statistik kependudukan, statistik vital, laporan manajemen di bidang kependudukan yang berkoordinasi dengan Seksi Program dan Jaringan Komunikasi Data agar dapat disajikan data yang valid dan benar.
  9. Melaksanakan pemeliharaan alat-alat/komputer sebagai perangkat pengolah data dan pelaporan.
  10. Menjabarkan perintah atasan dengan mempelajari perintah untuk mempermudah staf dalam melaksanakan tugas.
  11. Mendistribusikan tugas kepada staf sesuai bidang tugasnya untuk memperlancar pelaksanaan kegiatan.
  12. Memberikan petunjuk kepada staf untuk sinkronisasi pelaksanaan tugas.
  13. Memeriksa pelaksanaan tugas staf untuk diketahui tingkat efetivitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan.
  14. Melaksanakan koordinasi dengan Seksi lain guna mendapakan data dan laporan pelaksanaan tugas pencatatan program, pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil baik WNI maupun WNA di luar Negeri.
  15. Mengatur pelaksanaan pengolahan data dan laporan guna tertib administrasi dan menghasilkan data dan laporan yang baik dan benar.
  16. Menyusun register akta catatan sipil berdasarkan jenisnya untuk memudahkan pencarian data untuk disusun sebagai laporan.
  17. Memelihara dan menyimpan data kependudukan, statistik vital, register catatan sipil secara terus menerus untuk menjamin agar data dapat terjaga dengan baik.
  18. Mengadakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas dengan meneliti aplikasi pelaksanaan tugas dengan rencana dan landasan kerja.
  19. Menyusun laporan pelaksanaan tugas dalam bentuk tertulis dan tampilan data program kependudukan dan catatan sipil sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan.
  20. Memberikan penilaian dengan DP. 3 kepada staf untuk mengetahui prestasi dan dedikasi staf.
  21. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai bahan masukan dan pertimbangan atasan dalam mengambil keputusan maupun kebijakan.
  22. Menyiapkan staf untuk dikirim/mengikuti diklat struktural, teknis fungsional guna peningkatan SDM yang dibutuhkan Dinas.
  23. Menyusun telaah staf berkaitan dengan tugasnya.
  24. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Sistem Informasi Kependudukan sesuai dengan tugas dan fungsinya.


Last Updated on Saturday, 18 June 2011 16:53