kartu identitas anak

DASAR HUKUM

a. Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

b. Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, sebagaimanan telah diubah dengan Undang-undang Nomor 24 tahun 2013.

c. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak.

PENGERTIAN

Bahwa pada saat ini anak berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah tidak memiliki identitas penduduk yang berlaku secara nasional dan terintegrasi dengan Sistem Informasi dan Administrasi Kependudukan, sehingga dipandang perlu adanya penerbitan Kartu Identitas Anak yang selanjutnya disingkat menjadi KIA. KIA adalah Identitas resmi anak sebagai bukti diri anak yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah yang nantinya ditertibkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota Pemerintah menerbitkan KIA bertujuan untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan public serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga Negara Indonesia.

Dalam Penerbitan KIA tidak perlu dilakukan perekaman data kependudukan sebagaimana penerbitan KTP Elektronik namun setelah memasuki usia 17 tahun harus mengikuti perekaman guna diterbitkanya KTP Elektronik pengganti KIA. Kartu Identitas Anak (KIA) berisikan nama, alamat, nama orang tua, nomor kartu penduduk, dan sejumlah identitas diri lainnya. Dalam penerbitan KIA dimungkinkan diadakan kerjasama dengan pihak ketiga (Swasta) berupa pemberian Insentif (kemudahan/Fasilitas) kepada pemilik KIA seperti diskon harga ditempat tempat tertentu contoh tempat hiburan, toko buku, rumah makan dll.

MANFAAT KIA

Diantara manfaat KIA antara lain sebagai berikut :

a. Sebagai bentuk pemenuhan hak anak.

b. Untuk persyaratan mendaftar sekolah.

c. Untuk keperluan lain yang membutuhkan bukti diri si anak contohnya untuk data identitas membuka tabungan dibank.

d. Untuk mendaftar BPJS

e. Proses identifikasi jenasah dengan korban anak-anak dan juga untuk mengurus klaim santunan kematian.

f. Pembuatan dokumen keimigrasian.

g. Mencegah terjadinya perdagangan anak.

PERSYARATAN PENERBITAN KIA

a. Anak baru lahir :

· Bagi anak yang baru lahir, KIA akan diterbitkan bersamaan dengan penerbitan akta kelahiran sehingga KIA anak tidak menampilkan foto. Syarat KIA untuk anak baru lahir menjadi satu dengan syarat penerbitan akta kelahiran

· Setelah anak memasuki usia diatas 5 tahun dapat mengajukan penggantian KIA untuk anak usia anak 5 tahun keatas yang terdapat foto anak tersebut.

b. Anak Usia 5-17

· Fotocopy kutipan akta kelahiran dan menunjukan aslinya.

· Fotocopy KK orang tua dan menunjukan aslinya

· Fotocopy KTP orang tua dan menunjukan aslinya.

· Pas foto berwarna ukuran 4x6 sebanyak 1 lembar.

Masa Berlaku KIA :

a. Bagi anak usia kurang dari 5 tahun adalah sampai anak usia 5 tahun.

b. Bagi anak usia diatas 5 tahun adalah sampai anak berusia 17 tahun kurang 1 hari.

WAKTU DAN BIAYA

Waktu untuk penerbitan KIA maksimal 14 hari.

Dalam penerbitan Kartu Identitas Anak Gratis. (G7i)

Surat Keterangan Pindah Datang

  1. Surat pindah dan biodata asli
  2. Surat Pengantar dan formulir permohonan F1.01 dengan pengesahan dari Desa sampai Kecamatan dan ada Stempel, nama terang, paraf PPDP dan PEMOHON diwajibkan TANDATANGAN di permohonan
  3. KK induk asli yang sudah DITANDATANGANI kepala keluarga ( jika numpang/gabung KK )
  4. Foto kopi SURAT NIKAH dilegalisir
  5. Foto kopi SURAT CERAI dilegalisir jika status cerai hidup
  6. Melampirkan bukti – bukti pendukung ( Akte lahir/ struk lahir, ijazah, dll ), jika ada perubahan – perubahan data.
  • Waktu pelaporan: 30 Hari
  • Waktu Penyelesaian: 4 hari
  • Denda Keterlambatan: Rp.15.000,-
  • Dasar : Perda Kab.Grobogan No.06 Tahun 2014.

Surat Keterangan Pindah Keluar

  1. Permohonan harus ACC sampai kecamatan dan harus ada stempel, nama terang dan paraf PPDP
  2. Nama dan jumlah keluarga yang pindah harus jelas
  3. Alamat tujuan pindah harus jelas dan terang
  4. KK asli harus sudah DITANDATANGANI dan Foto kopi KK ( jika yang pindah tidak semua anggota keluarga ), 1 ( satu ) lembar
  5. KTP asli masing-masing keluarga yang pindah yang sudah berusia WAJIB KTP / surat keterangan kehilangan dari kepolisian
  6. Foto Warna ukuran 3 x 4, sebanyak 6 ( enam ) lembar.
  7. Surat pernyataan dari orangtua jika yang pindah anak dibawah umur
  • Waktu pelaporan: -
  • Waktu Penyelesaian: -
  • Denda Keterlambatan:  -
  • Dasar : Perda Kab.Grobogan No.06 Tahun 2014.

Layanan Akta Anak :

Pencatatan Pengakuan Anak :

  1. Pengantar Dari Desa / Kelurahan diketahui Kecamatan
  2. Surat Keterangan Kelahiran dari Desa/kelurahan
  3. Surat Keterangan Kelahiran dari Dokter/Bidan Penolong
  4. Kutipan Akta Kelahiran Anak (bagi yang sudah punya)
  5. Surat Pengakuan Anak dari Ayah Biologis yang disetujui oleh Ibu Kandung dari anak yang bersangkutan
  6. KTP dan KK Ayah biologis dan Ibu Kandung
  7. FC Surat Peneguhan/Perkawinan dari Pemuka Agama
  8. FC KTP Pelapor
  9. Waktu Penyelesaian 4 (empat) hari setelah syarat lengkap
  10. Biaya sesuai dengan Perda

Pencatatan Pengangkatan Anak :

  1. Pengantar Dari Desa / Kelurahan diketahui Kecamatan
  2. Surat Keputusan / Penetapan dari Pengadilan Negeri/Pengadilan Agama
  3. Kutipan Akta Kelahiran Anak
  4. Ijin dari Dinas Sosial Provinsi
  5. FC KTP dan KK Orang Tua Angkat
  6. Bagi Warga Negara Asing membawa dokumen imigrasi, Surat tanda lapor diri dari kepolosian dan surat keterangan dari perwakilan Negara yang bersangkutan
  7. Waktu Penyelesaian 4 (empat) hari setelah syarat lengkap
  8. Biaya sesuai dengan Perda

Layanan Akta Perceraian :

  1. Pengantar Dari Desa / Kelurahan diketahui Kecamatan
  2. Pengantar Dari Desa / Kelurahan diketahui Kecamatan
  3. Putusan dari Pengadilan Negeri
  4. Akta Perkawinan asli (Suami + Istri)
  5. KK dan KTP Pemohon
  6. Surat Kuasa bermaterai cukup bagi yang menguasakan dan fotocopy KTP penerima dan pemberi kuasa
  7. Waktu Penyelesaian 4 (empat) hari setelah syarat lengkap
  8. Biaya sesuai dengan Perda